Robot Bandung Serbu Amerika




Unikom kembali mengirimkan timnya untuk berlaga di dua kejuaraan robot internasional di Amerika. Tanggal 9-10 April 2011, tim ini akan bertanding di 18 th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, yang digelar di Trinity College, Hartford, Connecticut. Dan 15-17 April 2011 di 2011 RoboGames yang digelar di San Mateo, California.

Dalam kesempatan ini, ada 10 robot yang diboyong oleh tim yang diketuai oleh Yusrilla Kerlooza, dosen sekaligus pendiri dan pembimbing tim robotika Unikom. Setiap tahunnya, robot-robot buatan tim robotika Unikom ini selalu mencuri perhatian negara-negara lain yang ikut dalam kompetisi bergengsi ini.

"Robot kita sering dianggap aneh sama mereka (peserta dari negara lain). Selain bentuknya, material yang digunakan juga bukan material yang biasanya dipakai," katanya.

Material yang biasa dipergunakan tim robotika Unikom ini memang terbilang seadanya. Seringkali mereka memanfaatkan peralatan yang tidak terpakai ataupun dari barang bekas yang mereka modifikasi sedemikian rupa.

Seperti robot yang mereka namakan KARAT. Robot ini memanfaatkan mainan bekas dan batang besi dari rak kursi lipat kuliah yang tidak terpakai lagi. Untuk kontroler KARAT menggunakan stik playstation bekas yang tidak terpakai.

"Frame dari mainan bekas, seperti biasanya. Diperkuat batang besi dari copotan rak di kursi lipat yang dilas secara amatiran. Terimakasih kepada Gubernur Jabar yang telah mengalokasikan dana untuk alat las, selain CNC, mesin bubut mini dan lain-lain," tuturnya.

Tim yang bermarkas di basement kampus Unikom, Jalan Dipatiukur ini seringkali memanfaatkan material yang tidak terpakai bukan karena tidak ada dana, tapi mereka justru berusaha membuat inovasi dengan material yang ada dan menghasilkan karya yang dapat acungan jempol.

Tahun sebelumnya, tim ini berhasil menggondol juara pertama di ajang RoboGames. Robot yang ditandingkan juga memiliki keunikan karena ada yang menggunakan material kayu.

Sumber : http://www.detikinet.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...