Lawan Stres dengan Olahraga

 Stres berat atau depresi akibat beberapa hal memang bisa mengganggu kehidupan dan aktivitas. Tapi masalah ini bisa diatasi atau dilawan dengan melakukan olahraga secara teratur.

Salah satu manfaat utama dari berolahraga adalah menghubungkan antara pikiran dan tubuh. Jika seseorang memiliki kecemasan dan stres, maka olahraga bisa membantu menenangkan dan meningkatkan suasana hati.

Ketika seseorang mulai merasa cemas atau sedikit stres, cobalah untuk mulai bergerak dan melakukan beberapa latihan agar mendapatkan motivasi dan mengurangi stres.

Studi yang dilaporkan dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan.

Dalam studi tersebut partisipan yang rutin berolahraga memiliki indeks kecemasan yang lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah olahraga. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga mungkin bisa menjadi pengobatan yang layak untuk kecemasan dan stres.

Teori yang ada adalah olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Sebagai responsnya maka otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati, seperti dikutip dari MayoClinic, Jumat (3/6/2011).

Senyawa kimia ini cukup untuk mengurangi kecemasan dan depresi hanya dengan satu kali olahraga. Serta olahraga juga bisa meningkatkan suhu tubuh yang telah dikaitkan dengan suasana hati lebih positif.

Selain itu dengan melakukan olahraga secara teratur bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan meditasi dan menempatkan pikiran negatif ke dalam perspektif yang lebih positif.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut buatlah latihan yang menyenangkan dengan melakukan olahraga yang disukai. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat atau terlalu ketat, tapi cobalah melakukan olahraga sederhana setiap 3-5 kali dalam seminggu selama 30 menit.

1 komentar:

Fahri Samudra mengatakan...

Wah, nice info nih, thanks ya, hehehe

Salam positif dari Fahri's Articles

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...